Awas Obat Palsu! Ini Cara Menghindarinya

Obat palsu, termasuk obat ilegal yaitu obat yg tidak terjamin mutu, keamanan, serta khasiatnya. Obat ini dapat membahayakan kesehatan lantaran produksinya juga tidak sesuai standard pembuatan obat. Sayangnya, obat palsu ataupun asli susah dibedakan, baik dari sisi bentuk, warna, atau secara kemasannya.

Meski peredaran obat palsu sering ditindak, tetap saja masih ada diketemukan masalah obat palsu. Karenanya, lebih baik hindari peluang pembelian obat palsu.

Kepala Sub Direktorat inspeksi serta Sertifikasi Distribusi Produk Terapetik, Direktorat Produk Pengawasan Terapetik Tubuh Pengawas Obat serta Makanan (BPOM), Eka Purnamasari menjelaskan, langkah aman terhindar dari obat palsu yaitu dengan beli obat di sarana resmi service obat.

" Menebus resep obat atau obat keras cuma di apotek saja. Janganlah beli obat dengan cara on-line, " kata Eka dalam Pfizer Press Circle di Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Customer juga butuh memperhatikan paket obat, umpamanya, apakah tetaplah tersegel dengan baik, kebersihan paket, nama obat yang benar, sampai nomer registrasi Tubuh POM.

Staf Penilai Obat Jadi Tubuh POM, dr. J Hudyono MS, SpOK MFPM, memberikan, perhatikan juga nama produsen obat serta tanggal kedaluwarsa pada paket. Kadang-kadang, obat palsu tak mencantumkan nama produsen.

Untuk nomer registrasi obat, customer dapat juga mengechecknya di website www. pom. go. id. Sebab, ada pula obat palsu yang bikin nomer registrasi atau izin edar palsu dari Tubuh POM.

Sesudah buka website itu, tentukan daftar product, lalu tentukan teliti product. Di situ bakal ada pilihan mencari product, mulai berdasar pada nomer registrasi Tubuh POM, nama product atau merk, sampai nama pendaftar.

Bila obat asli, saat dimasukkan nomer registrasi Tubuh POM saja bakal keluar nama obatnya, merk, sampai nama produsennya.

0 Response to "Awas Obat Palsu! Ini Cara Menghindarinya"

Post a Comment